Kamis, November 06, 2008

Hasil UCL 08/09 (6/11/2008): Giggs, Selamatkan United Dari Kekalahan















Berkat keunggulan enam poin atas tuan rumah Glasgow Celtic di klasemen Grup E, Manchester United merasa aman untuk memercayakan Ben Foster di bawah mistar dan pemain belia Brasil Rafael Silva di posisi bek kanan sejak menit awal.

Celtic sendiri menampilkan materi yang nyaris seluruhnya berasal dari Skotlandia. Duet Scott McDonald-Cillian Sheridan dijadikan pelatih Gordon Strachan sebagai andalan di lini depan. Partai ini menjadi debut Sheridan, 19 tahun, di kancah Liga Champions.

Keputusan sang pelatih membuat publik Hampden Park bersorak gembira ketika McDonald sukses menembus gawang Foster pada menit ke-13. Sebuah tendangan bebas Celtic tidak disapubersih barisan pertahanan United. Bola disundul Gary Caldwell langsung ke jantung pertahanan dan diterima McDonald, yang kemudian sukses menaklukkan Foster.

United bangkit membalasnya melalui penguasaan bola dan serangan bertubi-tubi memanfaatkan kelincahan dua pemain sayapnya, Cristiano Ronaldo dan Nani. Red Devils betul-betul menguasai pertandingan babak pertama dengan melepaskan 10 tendangan ke gawang Artur Boruc. Meski demikian, dua kali Sheridan sempat memaksa Foster mengeluarkan kepiawaiannya di bawah mistar.

Enggan kehilangan muka, topskor bersama sementara Liga Champions Dimitar Berbatov dimasukkan Ferguson menggantikan Nani pada babak kedua.

Tambahan tenaga itu sangat berarti bagi United. Berbatov nyaris mencetak gol kalau saja tidak ada Shaun Maloney yang menyelamatkan bola dari garis gawang Celtic. Tekanan United kian menggila saat Wayne Rooney dimasukkan untuk mengganti Tevez. Pemain yang baru masuk itu membuat Boruc berjibaku menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Upaya terus menerus United menekan pertahanan Celtic membuahkan hasil enam menit sebelum bubaran. Pemain veteran Ryan Giggs sukses mencetak gol balasan. Tendangan keras Ronaldo dari jarak jauh dimentahkan Boruc, tapi bola mental itu tak ayal disambar Giggs.

United nyaris memetik angka penuh, sayangnya tendangan Berbatov pada pengujung pertandingan masih melebar.

Tidak ada komentar: